Lompat ke konten
Beranda » Tips Bikin Awet Mobil Matic

Tips Bikin Awet Mobil Matic

Tips Toyota

PEMAKAIAN MOBIL MATIC YANG BENAR

perawatan mobil matic

Memiliki mobil matic untuk saat ini sudah menjadi hal yang penting mengingat kondisi dalam kota yang terus bertambah padat. Dikarenakan memiliki mobil sudah bukan lagi kebutuhan barang mewah akan tetapi lebih kepada kebutuhan pokok. Ditambah pabrikan otomotif semakin berinovasi memproduksi mobil baru dengan harga low dan terlahirnya segmen mobil LCGC. Salah satunya Toyota Calya dan Agya. Dengan demikian kondisi dalam kota maupun luar kota semakin padat terlebih lagi di hari libur besar dan weekend.

perawatan mobil agya matic

Dengan bergesernya style pemakai roda empat yang dulu sangat awam terhadap mobil bertransmisi matic, kini berubah menjadi favorit pemikin kendaraan roda empat. Info dari salah satu Dealer Toyota di kawasan Depok Margonda yaitu Setiajaya Toyota Depok, data penjulalan mobil bertransmisi matic justru lebih laris walaupun dari segi harga lebih tinggi kisaran 10 hingga 20 juta rupia. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemakaian mobil bertransmisi matic, yang jika salah pemakaian dan penggunaan yang salah bisa mengakibatkan ada komponen yang tidak lama usia pakainya atau rusak.

Perhatikan tata cara pengoperasian

Pembahasan kali ini berdasarkan pengalaman saya sebagai Sales Marketing di Salah satu Dealer Toyota yaitu Setiajaya Toyota Margonda Depok. Suatu ketika ada pemilik Toyota Fortuner yang mengeluhkan ada trouble dan rasa tidak nyaman pada perpindahan perseneling gearnya. Ada hentakan dan suara kasar ketika memindahkan perseneling dari N ke D ataupun L1. Dengan cepat mekanik Toyota pun melakukan pemerikasaan pada bagian gearbox mobil tersebut. Disitu terlihat jelas pada bagian komponen gearbox yang mengalami kerusakan yang dipastikan karena kesalahan pemakaian lantaran usia mobil belum mencapai 5 tahun. 

Pada dasarnya, apabila pemakaiannya tepat dan perawatan teratur gearbox matic mampu bertahan antara 15 hingga 20 tahun dari kerusakan. Kemudian kami pun berinisiatif melakukan trial sanga pemilik mobil dalam tata cara pemakaian, dari berkendara, pengereman, hingga tata cara parkir. Dan ternyata terungkap sudah bahwa kerusakan diakibatkan oleh tata cara parkir yang tidak benar

perawatan mobil agya matic

Tata Cara Pemakaian mobil matic yang tepat

Setelah mengetahui kesalahan pada pemkaian mobil matic, kini saya ingin berbagi informasi mengnai hal penting yang harus diperhatikan dalam pengoperasian mobil matic dengan baik dan benar.

Ganti Oli Matic Secara Rutin

Pada gearbox matic oli menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karenanya gantilah oli matic sesuai dengan anjuran, tergantung tipe jenis mobil dan aktifitas pemakaian.

Cara Stop and Go yang benar

Memindahkan perseneling ke posisi netral ketika lampu merah sering kali di abaikan oleh sebagian pengguna mobil matic, terlebih lagi wanita. Akibatknya komponen gearbox matic menjadi cepat haus dan rentan slip karena pemakaian. Mulailah membiasakan memindahakan perseneling ke posisi netral jika sedang berhenti dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Cara Parkir Yang Tepat

Point terakhir inilah yang menjadi pemicu kerusakan fatal akibat kesalahan pemakaian. Ternyata 9 dari 10 orang pengguna mobil matic belum paham dengan langka tepat ketika parkir mobil matic. Berikut langkah tepat parkir mobil matic :

  1. Ketik laju roda sudah terhenti dan tepat pada area dimana kita akan parkir, pindahkan perseneling ke posisi N ( Netral ) denga posisi kaki kanan masih berada pada rem.

2 Tarik tuas rem tangan hingga beban mobil bertumpu pada rem.

  1. Lepas rem kaki sehingga beban benar benar hanya bertumpu pada rem tangan. 
  2. Pindakan perseneling yang semula berada pada posisi N ( netral ) menjadi P ( Parkir ).

Sekarang mobil matic anda akan jauh dari kerusakan fatal dan dalam waktu cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.